Friday 20 September 2019

TABUNGAN EMAS PEGADAIAN: MENGUNTUNGKAN?
(PENGALAMAN MENABUNG EMAS DI PEGADAIAN)


Mendengar kata pegadaian memang identik dengan aktivitas gadai barang kan?. Nah, sekarang Pegadaian telah memiliki produk baru, yaitu TABUNGAN EMAS. Menabung emas merupakan salah satu cara untuk mempertahankan aset kita. Kalau kita menabung dalam bentuk rupiah, nilai nya pasti akan semakin turun karena tergerus inflasi. "1000 rupiah dulu kita bisa dapat apa? sekarang cuma bisa dapat apa?".  Berbeda dengan jika kita menabung emas.  Nilai atau harga emas cenderung stabil dan akan semakin meningkat setiap tahunnya. Oleh karenanya, saya memutuskan untuk menabung emas di pegadaian, plus berbagi pengalaman di blog ini.
Menabung emas di pegadaian cocok buat semua kalangan, baik yang berpenghasilan menengah bawah maupun berpenghasilan menengah atas. Mengapa? karena menabung emas di pegadaian bisa dimulai hanya dengan 50.000 Rupiah. Nantinya uang tersebut akan dikonfersikan ke dalam bentuk emas (0,0X gram).

Membuka tabungan emas di pagadaian juga SANGAT MUDAH. Cukup datang ke kantor cabang Pegadaian, menunjukkan KTP, dan membayar biaya administrasi 40.00 rupiah (sudah termasuk biaya penitipan emas selama 1 tahun). Hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit, Anda sudah bisa mendapatkan buku tabungan dan nomor rekening tabungan emas.


Saya pertama kali membuka tabungan emas pada tanggal 05 September 2019 di Pegadaian Plaza Semanggi. Saya hanya menunjukkan KTP dan membayar 200.000 rupiah. Jadi sisa 160.000-nya menjadi tabungan emas pertama saya. Bisa dilihat di gambar, bahwa uang sejumlah 160.000 yang saya berikan, dikonversikan menjadi emas senilai 0,2159 gram.  Harga emas pada saat itu memang sedang cukup tinggi, sekitar 741.000/gram.


Harga emas di pegadaian saya rasa cukup kompetitif, recommended. Tabungan emas yang kita beli di pegadaian, nantinya akan "dibelanjakan" fisiknya berupa emas ANTAM. Jadi, emas yang kita tabungan, dapat kita ambil, dengan minimal penarikan 1 gram + biaya cetak emas-nya. FYI, saat ini kita hanya bisa mencetak + mengambil emas fisik kita di cabang pegadaian tempat pertama kali kita mendaftar. So, pastikan Anda mendaftar di cabang pegadaian yang terjangkau dari tempat tinggal/tempat kerja Anda.
Untuk memudahkan transaksi kita, saya sarankan untuk mendownload aplikasi PEGADAIAN DIGITAL di playstore.  Disitu kita bisa melakukan transaksi pembelian dan penjualan emas dengan sangat mudah. Berikut contoh transaksi pembelian emas melalui aplikasi Pegadaian Digital:

1. Tampilan depan aplikasi Pegadaian Digital. Terlihat saldo sebelum pembelian emas, yaitu 22,0561 Gram

2. Kemudian klik menu emas, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Terlihat juga harga emas per gram (harga emas hari ini, 20 September 2019), baik harga beli maupun harga jual

3. Klik menu beli, maka akan muncul menu dibawah ini. Anda bisa menginput jumlah rupiah, kemudian akan langsung dikonversikan oleh aplikasi ke dalam berat emasnya (gram), atau bisa juga menginput berat emas nya (gram), dan akan muncul jumlah uang yang harus dibayarkan.
4. Centang "Saya setuju dengan syarat dan ketentuan yang berlaku", laku klik selanjutnya. Lalu akan muncul jumlah uang yang harus ditransfer.  Pada tahap ini, Anda dapat menginput kode promo dari pegadaian untuk mendapatkan diskon/goldback.

Berikut beberapa kode promo yang ditawarkan oleh pegadaian
5. Langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Ada beberapa metode pembayaran yang ditawarkan, seperti gambar di bawah ini. Biaya administrasinya sebesar 2500 rupiah untuk satu kali transfer.

6. Setelah melakukan transfer, maka saldo emas akan langsung masuk ke dalam aplikasi. Dapat dilihat pada gambar, setelah melakukan pembelian emas 2.000.000 rupiah, saldo saya yang semula 22,0561 Gram menjadi 24,8650 Gram.

Nah, itu tadi langkah - langkah melakukan pembelian emas di pegadaian. Sangat mudah dan simpel, tanpa harus datang langsung ke pegadaian.  Honestly, ada beberapa kelemahan dari aplikasi pegadaian digital ini, antara lain:

1. Saldo emas tidak langsung bertambah di aplikasi, setelah melakukan pembayaran.
Kasus ini hanya saya alami hanya satu kali selama menjadi nasabah pegadaian. Namun, setelah mengkonfirmasi ke whatsapp pengaduan pegadaian (082133007773 atau 085899959593), saldo emas saya langsung bertambah kurang dari 7 hari kerja. Adminnya responsif menjawab keluhan kita, jadi jangan ragu untuk bertanya atau berkeluh kesah :D
2. Tidak bisa melakukan transaksi pada pukul 22.00 - 01.00. Jadi, kita dapat melakukan transaksi membeli atau menjual emas pada pukul 01.00 pagi hingga 22.00 malam.
3. Hanya dapat melakukan pembayaran via bank transfer, tidak tersedia menu pembayaran melalui Gopay, OVO, dan sejenisnya.

Semoga, Pegadaian dapat terus memperbaiki aplikasinya, sehingga semakin memudahkan konsumen. So far, meskipun terdapat beberapa kelemahan, saya sangat mengapresiasi ide tabungan emas + aplikasi pegadaian digital yang telah dicetuskan oleh pegadaian. Setidaknya, pegadaian mulai bergerak mengikuti perkembangan digital dan gaya hidup masyarakat saat ini.

Bagi kalian yang merasa tidak nyaman dengan PEGADAIAN DIGITAL, kalian dapat menabung emas di aplikasi TOKOPEDIA atau BUKALAPAK. Dari segi kemudahan aplikasi, jelas keduanya jauh lebih unggul dan easy-use dibandingkan aplikasi PEGADAIAN DIGITAL. Namun dari segi harga, cenderung lebih menguntungkan melalui aplikasi PEGADAIAN DIGITAL.  Mengapa? di TOKOPEDIA misalnya, harga beli emas memang sama dengan harga di pegadaian, namun harga jualnya lebih rendah dibandingkan harga jual emas di aplikasi PEGADAIAN DIGITAL.

FYI, TOKOPEDIA memang sudah bekerja sama dengan PEGADAIAN dalam hal tabungan emas ini. So, kalau kalian membeli emas melalui TOKOPEDIA, emas nya juga akan disimpan di Pegadaian. Jenis emasnya pun sama, yaitu emas ANTAM.

Sekian dulu sharing pengalaman saya sebagai "nasabah baru" pegadaian. Jika ada pertanyaan, bisa langsung tulis di kolom pertanyaan. Terima kasih, dan selamat menabung :) 

2 comments: